Konferensi Internasional Instrumentation, Control, and Automation 2013

Pada tanggal 28-31 Agustus 2013 di Grand Inna Kuta Bali, berlangsung kegiatan konferensi internasional Instrumentation, Control, and Automation 2013 (ICA 2013) yang diselenggarakan oleh Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol (KKIK), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pada tanggal 28 Agustus 2013, acara diisi dengan kegiatan tutorial yang diisi oleh

1. Prof. Manisa Pippatanasomporn (Virginia Tech, USA)

Memaparkan tentang perkembangan teknologi dan implementasi smart grid untuk distribusi daya listrik.

2. Prof. Rene Boel (Gent University, Belgium)

Memaparkan permasalahan dalam pengaturan lalu lintas dilihat dari sisi jaringan terdistribusi (distributed network) yang berisi tentang estimasi

3. Prof. Akira Namatame (National Defense Academy of Japan)

Memaparkan tentang solusi optimisasi pada jaringan terdistribusi.

Konferensi Internasional ICA 2013 dibuka pada tanggal 29 Agustus 2013 oleh Prof. Akhmaloka- Rektor ITB,Dr. Augie Widyotriatmo – Ketua ICA2013, dan Dr. Endra Joelianto – Chairman IEEE Joint Chapter Control Systems Society and Robotics and Automation Society. Acara dilanjutkan plenary talk oleh Prof. Rene Boel dan Prof. Manisa Pippatanasomporn, dan kemudian presentasi peserta. Pada malam di hari yang sama, juga diadakan Gala Dinner yang juga bertempat di Grand Inna Kuta Bali. Pada Gala Dinner tersebut, pementasan beberapa tarian Bali yang sudah terkenal dipertontonkan pada peserta konferensi.


Hari kedua ICA 2013 pada tanggal 30 Agustus 2013, diisi oleh presentasi peserta dan plenary talk dari Prof. Akira Namatame dan juga Prof. DeddyKurniadi (ITB). Di sore harinya, acara konferensi ditutup oleh Technical Chair dari ICA 2013 sambil mengumumkan makalah terbaik pada kategori umum : “Anti-windup Adaptive Tracking Control for Euler–Lagrange Systems with Actuator Saturation, Mitsuru Kanamori, Control Engineering, Maizuru National College of Technology, Maizuru, Kyoto, Japan” dan kategori students “Distributed Autonomous Control Strategies for Microgrid Test-bed, M. N. S. Ariyasingh dan K. T. M. U. Hemapala, Department of Electrical Engineering, University of Moratuwa, Moratuwa, Sri Lanka”.

Berita Terkait