Metode Baru Prediksi Komposisi Pewarna Tekstil

TIM PENELITI    :
Ketua: Dr. Ir. Agus Samsi
Anggota: Dr. Ir. Suprijanto

Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol ITB
Gd. Labtek VI
Jl. Ganesha 10 Bandung 40312
Phone : +6222.2504189

ABSTRAK :

Penentuan komposisi pewarna tekstil untuk menghasilkan warna kain tertentu merupakan masalah bagi industri tekstil di Indonesia. Hal ini disebabkan karena tidak adanya formula matematika yang menyatakan hubungan antara komposisi pewarna tekstil dengan warna kain yang dihasilkan. Selama ini metode trial and error masih banyak digunakan pada industri tekstil sehingga banyak menyita waktu dan memerlukan biaya yang cukup besar.

Pada penelitian ini telah dirancang prototip jaringan syaraf tiruan (JST) untuk memprediksi komposisi pewarna tekstil dalam menghasilkan warna kain tertentu. Arsitektur JST yang digunakan adalah arsitektur umpan maju dengan kaidah belajar propagasi balik. Jumlah lapisan tersembunyi yang diamati adalah satu dan dua lapis. Fungsi aktivasi yang digunakan adalah fungsi sigmoid, Gauss, dan hibrid. Data masukan JST adalah   koordinat warna CIELAB. Data keluaran JST adalah komposisi pewarna tekstil dalam persen volume.

Konfigurasi JST terbaik untuk memprediksi komposisi pewarna tekstil jenis fiber reactive dalam menghasilkan warna tertentu adalah konfigurasi 3-15-25-3. Konfigurasi JST tersebut menggunakan fungsi aktivasi hibrid dengan persentase keberhasilan 85% dan nilai korelasi 0,97.

file abstrak.pdf

Berita Terkait