WORKSHOP NASIONAL INSTRUMENTASI & KONTROL 2012

WINK 2012

Bercermin pada kehidupan Negara-negara maju, kini banyak negara berkembang menyadari bahwa penguasaan ilmu dan teknologi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan nasional. Oleh karena itu, Negara-negara berkembang termasuk Indonesia sudah mulai bergerak untuk menguasai, mengembangkan serta mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut bagi pembangunan industri nasionalnya. Dinamika perindustrian nasional terus berkembang dimana persaingan antar industri semakin ketat, bahkan memberikan efek pada sistem perekonomian dunia yang mengalami defleksi menuju terbentuknya sistem ekonomi global.

Globalisasi sistem perekonomian ini pasti akan memberikan dampak tersendiri dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kini semakin pesat dan canggih. Produk yang kompetitif dari segi harga, mutu, efisiensi waktu, keamanan operasi dan optimalisasi produk sudah tentu pihak produsen/industri perlu menguasai teknologi yang dibutuhkan tersebut dari dukungan berbagai fasilitas yang memadai dan tangguh.

Tentu kriteria-kriteria di atas dapat terpenuhi dengan penggunaan sistem instrumentasi dan kontrol yang tepat, handal serta efisien. Peranan konsep otomatisasi sistem, yang ditopang oleh instrumen-instrumen yang maju serta teknik teknik pengontrolan yang konvensional maupun yang lanjut (advanced) hingga saat ini masih mempengaruhi perkembangan industri di segala bidang, baik bagi industri produsen serta pengolah minyak dan gas (Oil and Gas Industries), industri proses dan industri lain maupun bagi industri penyedia teknologi instrumentasi dan kontrol.

Sebagai suatu upaya untuk mempertemukan kalangan industri-industri yang bergerak dibidang teknologi instrumentasi dan kontrol, pakar – pakar dari institusi ternama dan pendidikan tinggi, maka Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol (KK-IK), Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung akan mengadakan workshop nasional instrumentasi dan kontrol (WINK) selama dua hari sebagai wadah sharing experience bersama dengan tema : “Current Technology on Process and Industrial Automation.

BENTUK KEGIATAN

WINK 2012 yang diadakan dua hari ini rencananya akan diisi dengan kegiatan seminar oleh pembicara tamu yang berasal dari:

  • Conoco Phillips Indonesia Ainc PT Ltd,
  • Institut Teknologi Bandung,
  • PT Chevron Pacific Indonesia,
  • PT Control Systems,
  • PT Yokogawa Indonesia

serta terdapat pula pameran aplikasi teknologi pada sesi Hands on demonstration oleh Yokogawa Indonesia.

WINK 2012 akan diisi dengan kegiatan seminar oleh pembicara tamu yang dilanjutkan dengan diskusi panel. Workshop ini pula akan mempertemukan pembicara tamu dari kalangan industri minyak dan gas multinasional, industri penyedia teknologi instrumentasi dan kontrol, lembaga pemerintah, pakar akademisi, serta pengguna teknologi. Diskusi panel akan dilakukan dari paparan pembicara untuk mendapatkan suatu road map yang sinergis dalam mencuatkan dinamika perindustrian nasional.

TUJUAN KEGIATAN

1) Sebagai media informasi terkini pada sistem proses industri terkait teknologi instrumentasi dan kontrol,

2) Sebagai wadah untuk berbagi pengalaman antar kalangan industri dalam pemecahan permasalahan pada teknologi industri, dan

3) Meningkatkan kerjasama antara industri, professional dan akademisi dalam peningkatan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi pada industri.

PESERTA

Peserta yang diharapkan untuk mengikuti WINK 2012 ini antara lain mahasiswa, staff karyawan hingga tenaga operasional BUMN dan BUMD yang bergerak dibidang minyak dan gas serta energi, Perusahaan Swasta, Institusi Pemerintah (Kementerian Industri, Kementerian Ristek, Kementerian Energi dan Sumber Daya) serta Institusi Pendidikan Tinggi.

Topik hari ke-1

Distributed Control System (DCS) and Wireless Technology ISA100

1. Trend on Distribute Control System (DCS)

2. Communication Technology

3. Wireless ISA100

4. Hands On DCS

Topik hari ke-2

Programmable Logic Controller (PLC) vs Safety Instrumented System (SIS)

1. Trend on PLC

2. SIS

3. Safety Life Cycle

4. Hands On SIS

WAKTU & TEMPAT

Hari/Tanggal : 20-21 November 2012

Waktu : 08.00 – 16.30 WIB

Tempat : Ruang Seminar Teknik Fisika,

Gedung T.P. Rachmat Lantai 2

Institut Teknologi Bandung

Jalan Ganesha 10, Bandung

REGISTRASI

KATEGORI BIAYA

Industri IDR 1.000.000

Umum IDR 600.000

Mahasiswa IDR 300.000

Pembayaran dapat dilakukan dengan mengirimkan biaya sesuai kategori atas ke alamat rekening berikut.

Nama Bank : BNI Cabang ITB

Bank Address : Jalan Ganesha No 10. ITB – Bandung

Acc. Name : Penampungan PPM FTI

Acc. Number : 0901012015

Kirimkan salinan bukti pembayaran anda melalui email vebi@tf.itb.ac.id atau mazna@tf.itb.ac.id. Mohon, bawa salinan bukti tersebut pada saat acara untuk mendapatkan kit seminar workshop.

PERSONAL KONTAK

Proses registrasi dapat dilakukan pada jam kerja dengan menghubungi personal kontak berikut ini

CP 1 : vebi

Email : vebi@tf.itb.ac.id

Phone : 022 250 4424 ext 125

CP 2 : Mazna

Email : mazna@tf.itb.ac.id

Phone : 022 250 4424 ext 136

Sekretariat Panitia Workshop Nasional Instrumentasi dan Kontrol 2012 (WINK 2012)

Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol

Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung

Gedung T.P. Rachmat (Labtek VI), Lantai 2,

Kampus Institut Teknologi Bandung

Jalan Ganesha 10, Bandung 40132

Telepon : 022 250 4424,

Faksimile : 022 250 6281,

WINK 2012

Diselenggarakan oleh:

Kelompok Keahlian Instrumentasi & Kontrol,

Fakultas Teknologi Industri,

Institut Teknologi Bandung

Disponsori oleh:

PT. Yokogawa Indonesia

Berita Terkait